wisudaan

Sabtu kemarin, saya pergi ke ui depok. Ada wisudaan gitu siy. Seru juga mengingat wisuda yang saya tahu cuma yang kaya di itb. Pastinya di ui yang wisuda jauh lebih banyak. Wisudanya di balairung gitu, ga ada acnya sih tp ga tll panas jg. Mungkin kaya gsg. Bedanya apa ya? yang paling asik sih ini nih..

Jadi acara wisudaan itu digabung ma penerimaan mahasiswa baru, mungkin supaya mahasiswa baru termotivasi untuk diwisuda juga? Yah, terus si mahasiswa baru itu jadi paduan suaranya gitu. Iri ga wahai itb? Haha.. Saya sih lumayan, kayanya keren aja tuh formasi kuning-kuning.

Bedanya lagi, pas gerombolan, d’oh, apa sih sebutannya, prosesi guru besar masuk ke tempat acara kan lagunya Gaudeamus igitur. Kayanya kalo di uni lain juga gitu. Cuma di itb, ga pernah tuh lagu ini dinyanyiin, prosesi masuk n keluar lagunya mars itb. Kalo ga salah karena lagu Gaudeamus ini biasa dinyanyiin sambil orang  mabuk-mabuk di bar kalo di eropa sana. Kayanya loh ya.

Trus2, indonesia raya. Kalau di ui, yang nyanyi kan banyak tuh, anak baru, wisudawan, ada musik lengkapnya juga, jadi kurang kedengeran suara orangnya, ketutup ma musik. Kalo di itb berasa syahdu gitu indonesia rayanya soalnya dinyanyiin semua hadirin tanpa musik. Halah….

Kalo jubah kebesarannya, di itb kan sama semua, cuma beda panjang lengannya aja. Makin tinggi gelarnya (doktor) makin sopan toganya (lengan panjang maksudnya). Kalo di ui lengan panjang semua, cuma tiap fakultas warna pitanya beda-beda. Misalnya kalo sastra itu putih, psikologi biru muda, dll. Udah itu, banyak pita nentuin gelarnya, kalo s1 pitanya 1. Kalo s2, pitanya 2. Trus kalo profesi, misalnya apoteker, dokter, akuntan, notaris (apoteker mesti banget deh gue sebut pertama), pitanya 1.5 gitu kali ya. Jadi yang atas gede yang bawah lebarnya lebih kecil.

Tapi di ui lucu, ada peci almamater gitu. Jadi kan selain wisuda sekalian penerimaan mahasiswa baru. Nah pas dilantik mereka sambil pake peci almamater gitu trus ada penyerahan kendi ilmu dari wisudawan ke mahasiswa baru, analoginya biar perkembangan ilmu terus berjalan. Lucu ya. Banyak simbolis n tradisi.

Trus pas acaranya beres ga lama langsung diusir karena mau diberesin untuk dipake wisudaan lagi. Hehehe kebanyakan mahasiswa siy. Trus ga ada konvoi2 n acara2 himpunan. Jadi udah beres pulang aja gitu. Kayanya kalo untuk ini asikkan di itb ya, apalagi jaman dulu, seru ada tawuran2 himpunan segala. Saya sih nonton aja. Hehehe..

Cuma pas pulang, aymaktolong, macet abis. Keluar dari ui aja ngantri abis. Pengen pindah ke jalur krl biar bisa didorong kjkt dengan cepat. Alhasil 3 jam baru sampe rumah, trus langsung tewas, bruk 4 jam ada kali.

3 comments so far

  1. Doti on

    ini wisudaan ade lo yg ngoprek2 koper ryan??

  2. daphey on

    List, di situ ada ade gue loh.. di barisan Mahasiswa Baru. Coba loe perhatiin deh, yg pake jaket kuning (ye iyelah..xixi…)

  3. listyareina on

    iye..
    iye..
    iye..


Tinggalkan komentar